10 Binatang Tercerdas di Dunia





1.Simpanse ( Common Chimpanzee)







Binatang ini bisa ditemukan di hutan-hutan tropis, khususnya di Afrika Barat dan tengah. Chimpanzee dengan cepat belajar tentang segala sesuatu, dia bisa mengatur apa yang akan dilakukannya. Dia juga punya memori lebih baik di banding binatang lain manapun. Berbagai percobaan menguji kecerdasan simpanse telah dilakukan.


Binatang ini ahkan bisa diajarkan cara menggunakan computer juga memecahkan soal-soal hitungan.


Binatang ini dengan cepat bisa menyesuaikan diri dan mampu membaca bahasa isyarat yang diberikan manusia. Simpanse juga diketahui membuat alat-alat untuk menangkap mangsa.
Misalnya, menggunakan ranting atau menggunakan batu untuk menangkap mangsa. Bahkan dia bisa mengatur strategi untuk menangkap mangsa seperti mengumpan dengan kacang-kacangan, bunga karang atau dedaunan.


Dalam penelitian tentang simpanse telah dilihat bagaimana binatang ini bermanuver mengatur strategi dalam memburu mangsa. Proyek penelitian tentang simpanse yang disebut The Chimpanzee Genome Project selesai dilakukan tahun 2005. Dari hasil penelitian itu didapat bahwa 98 persen genetic DNA simpanse sama dengan manusia.


2.Lumba lumba (Bottlenose Dolphins)





Lumba-lumba adalah binatang nomor dua tercerdas. Keluarga mamalia air, terdiri atas ikan lumba-lumba dan ikan paus dianggap sebagai binatang yang paling pintar yang menghuni lautan. Lumba-lumba berhidung panjang, tinggal di perairan hangat di seluruh dunia dan adalah spesies yang paling pintar.


Mempunyai setelah otak yang teramat besar dan kulit luar otak dan cuping dari depannya 40% lebih besar dibanding seorang manusia.
Kulit luar otak adalah bidang otak yang bertanggung jawab atas komunikasi sosial, pengolahan informasi abstrak, memecahkan masalah , dan intelijen.. Lumba-lumba berhidung panjang sangat mudah dilatih.


Mereka mempunyai kemampuan untuk memutuskan, membuat rencana, memecahkan masalah, berpikir secara abstrak, mengerti gagasan, dan belajar dari pengalaman sebelumnya.
Mereka menggunakan echolocation untuk mencari mangsa dan bercicit serta siulan untuk berhubungan dengan satu sama lain.


3.Monyet (Rhesus Macaque Monkey)






Rhesus Monkey terkenal di seluruh dunia karena kecerdasannya. Binatang ini kerap kali menjadi obyek penelitian biologi ataupun kedokteran. Binatang ini mempunyai daya ingat yang luar biasa, begitu juga kemampuannya untuk belajar, dan membuat keputusan sendiri. Mereka memakai ekspresi muka yang sangat mirip dan dimengerti oleh manusia.
Rhesus Monkey juga memiliki kecenderungan bunuh diri, merencanakan serangan, dan binatang sangat social. Penelitian terhadap Rhesus Monkey diselesaikan pada 2007. Berhasil diteksi bahwa manusia primate memiliki kesamaan.


4.Gajah







Ada tiga spesies gajah yang eksis hingga saat ini yakni, Gajah Pedalaman Afrika, African Forest Elephant, dan Gajah Asia. Semua jenis mewarisi kecerdasan genetik sama. Dalam kebudayaan di banyak daerah, gajah melambangkan kebijaksanaan. Gajah dikenal memiliki daya ingat sangat luar biasa. Mereka dapat mengingat kembali secara tepat tempat-tempat yang pernah mereka disinggahi sekalipun telah meninggalkan tempat itu bertahun tahun lamanya.




Gajah memiliki otak yang sangat besar lebih dari binatang lain. Daya dengarnya pun luat biasa. Dengan telinganya, mereka sangat cermat mendengar bunyi bunyian. Mereka berhubungan satu dengan lainnya adalah dengan mengendus, ataupun mengumandangkan suara ‘terompet' mereka. Atau menghentak di tanah yang bisa dirasakan oleh gajah lain yang berjarak sangat jauh dari dirinya.
Dia memiliki empati, altruisme, dan interaksi sosial yang lebih tinggi dibanding spesies lain.




5. Burung Beo (African Grey Parrot)







Kelabu Afrika adalah spesies burung beo yang ditemukan di hutan hujan Afrika Barat dan tengah. Burung beo mampu meniru ketrampilan bicara manusiawi,. Namun Beo ini bukan sekadar meniru, tapi dia juga mampu memahami arti dan berbicara dalam kalimat pendek.




Burung ini berhubungan satu sama lain lewat lagu, dan bahasa tubuh. African Grey's dengan mudah dilatih bercakap cakap dan melakukan aktivitas. Mereka pandai meniru, membuat kembali suara dan bunyi-bunyian di rumahtangga dengan sempurna.
Satu contoh spesifik adalah beo bernama Alex. Alex bisa mengenali lebih lima puluh benda, tujuh warna, lima bentuk, dan nilai atau angka sampai enam. Dia mengerti perbedaan antara besar dan kecil, lebih dan di bawah, dan mempunyai pemahaman emosi yang luar biasa. Misalnya saja saat pengujian kecerdasan yang menurutnya terlalu membosankan, beo ini akan menunjukkan emosinya yang menandakan kebosanannya.


6. Gurita (North Pacific Giant Octopus)










Makhluk ini hidup di dalam lautan. Mereka termasuk dalam cumi-cumi dan kelas moluska. Semua spesies bangsa cumi-cumi diketahui untuk mempunyai kemampuan intelektual yang luar biasa. Gurita dianggap sebagai invertebrata yang paling pintar. Dalam sebuah percobaan, binatang ini menunjukkan memori pendek maupun jangka panjang yang baik.


Mereka luar biasa dalam melakukan observasi belajar, dan memecahkan masalah. Gurita mempunyai susunan syaraf yang teramat besar, tetapi hanya sebagian ditemukan di otak mereka. Sekitar dua-pertiga syaraf octopus ditemukan di tali sekitar dan di persenjataannya. Di sana persenjataan mempunyai otonomi yang luar biasa besar.
Mereka jago meniru (mimikri) dan kamuflase. Mereka sering ditemukan di lambung kapal, hidup dari kaitan. Binatang ini mempunyai penglihatan yang sangat sangat tajam, sedikit pengertian dan sangat cepat.




7.Anjing (The Border Collie)








Anjing Collie Batas dikenal luar sebagai jenis anjing yang paling pintar di dunia. Mereka mampu mengurus ternak (menggembala), mengiring domba. Binatang ini sungguh piaraan yang luar biasa. Dengan latihan jasmani dan bentuk berbagai perangsangan jiwa, anjing ini akan menjadi luar biasa karena dia sangat cepat belajar.




Jenis anjing ini berasal dari Inggris. Anjing ini memiliki manfaat luar biasa bagi industry pertaniaan. Konon, berdasarkan penelitian, seekor anjing collie yang terlatih sanggup mengerjakan lima kali lebih banyak dibanding seorang manusia. Anjing Collie Batas menguasai olahraga lebih daripada jenis anjing lain. Mereka unggul di loncat tinggi, jalan kegunaan, terbang-bola, dan selalu menjadi juara pertama lomba menari anjing. Mereka mempunyai indera penciuman menakjubkan. Anjing ini juga bisa dilatih sebagai anjing pencari obat.


8.Burung Gagak (Ravens & Crows)







Dua burung ini anggota keluarga burung corvidae yang paling cerdas di antara semua burung. Burung gagak memiliki IQ tertinggi berdasarkan tes ilmiah menentukan intelijen burung. Mereka bisa berhitung, membedakan bentuk kompleks, dan main observational mempelajari tugas. Burung gagak adalah makhluk yang teramat sosial dan akan nyambung di tengah udara, berduel di atas kuda untuk mendirikan mematuk urutan.


Burung gagak berkerudung yang liar di Israel sudah belajar memakai remah-remah roti sebagai umpan ikan. Burung Gagak Kaledonia Baru secara intens sudah dipelajari karena kemampuannya untuk memakai alat dinya setiap mencari makanan. Ini termasuk membuat pisau yang ditusuk hati dari daun dan batang rumput. Mereka juga penggunaan naik menarik, melicinkan, dan penekukan ranting dan tangkai rumput untuk menghasilkan jenis bahan makanan.




9.Tikus







Ada ratusan spesies tikus di seluruh dunia. Tikus ialah satu yang paling dipelajari melalui pengujian binatang di planet. Mereka sudah adalah subyek penelitian dan tes untuk banyak studi faali yang terkenal dan berpengaruh. Sebab bagi ini ialah bahwa rat's psikologi mirip manusia dan mereka luar biasa untuk perbandingan percobaan.




Semua tikus mampu mempelajari dan mencipta trik baru dengan sangat mudah. Studi 2007 menemukan bahwa tikus mempunyai metacognition, yaitu kemampuan jiwa, suatu yang dulunya hanya dicatat dimiliki oleh manusia dan beberapa jenis primat.




Tikus mempunyai indera penciuman dan pendengaran menakjubkan. Mereka sudah dilatih mengetahui ranjau darat dan bom. Penelitian dan teknologi baru saja sudah mengusulkan agar tikus bisa menjadi alat pendeteksi dan mengenali sampel dahak manusia yang ditulari dengan TBC. Binatang ini luar biasa dalam memecahkan jaringan jalan yang ruwet. Tikus adalah makhluk sosial dan emosi untuk menunjukkan tanda penyesalan yang dalam, kegemparan, kehilangan.


10.Laba laba (Portia Labiata Jumping Spider)



Spesiesnya adalah seorang anggota genus Portia laba-laba dan makhluk yang paling kecil dalam daftar ini. Juga dikenal sebagai White-Mustached Portia. Mereka menghuni tanah kosong dan hutan sekunder di Afrika, Asia, dan Australia. Berdasarkan sebuah tes di laboratorium, Llba-laba ini sudah menunjukkan kemampuannya dalam mempelajari sesuatu. Dia juga dicap sebagai binatang paling pintar di dunia karena kemampuannya dalam memecahkan masalah.


Salah satu ketrampilan prinsip mereka memikat makhluk lain dalam jaring untuk makanan. Setelah terjebak, maka laba-laba akan memojokkan makhluk itu sehingga tidak ada lagi tempat untuk keluar. Portia labiata mempunyai penglihatan mata luar biasa, juga naluri yang kuat.

4 comments:

appblitzer mengatakan...

tulisannya kok putiihhh..???
ralat dong...????? -,-"

arief ^^ mengatakan...

kesalahan tektis gan

appblitzer mengatakan...

ubah aja warna font-nya jadi hitam di penagturan entri....

arief ^^ mengatakan...

alah

translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified